* ICP FE Unmer Malang Pacu Daya Saing Lulusan ~ Fakultas Ekonomi dan Bisnis
wajah baru web Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang .. kunjungi www.feb-unmer.com ...

Senin, 19 November 2012

ICP FE Unmer Malang Pacu Daya Saing Lulusan


 ICP FE Unmer Pacu Daya Saing Lulusan



MALANG – KOTA – Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Merdeka Malang (Unmer) terus berinovasi untuk menghasilkan lulusan berkualitas. Terobosan terbaru yang dilkaukan dengan membuka international class program (ICP) pada tahun akademik 2012-2013 ini“ICP merupakan program peningkatan wawasan global melalui aktivitas kelas internatsional”, kata Dekan FE Unmer Dr. Mohammad Burhan,MM.

ICP, tambah Burhan, sekaligus untuk memperkuat kerjasama internasional yang sudah terjalin antara FE dengan dunia internasional, seperti UNESCO, ILO, UNDP, Oregon University-USA, Curtin University-Australia, Murdoch University-Australiaq, dan Erasmus Universitied-Belanda.

Program lain yang sudah lebih dulu dilakukan untuk menghasilkan lulusan berbobot yakni, tidak hanya mengasah kemampuan hardskill melalui kuliah regular, kuliah tersruktur, kuliah tamu, dan field trip (kuliah lapang) tapi juga softskills. Seperti pendekatan pembentukan kepribadian, kemampuan komunikasi, dan leadership.

Di bidang sarana dan prasarana perkuliahan FE Unmer menunjang berbagai fasilitas, di antaranya ruang kelas be-AC, audio visual, dan laboratorium praktikum yang lengkap. Serta, staf akade3mik yang professional di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. “Termasuk juga melalui pendekatan kemampuan kemandirian dan entrepreneurship melalui mata kuliah kemandirian, kewirausahaan dan praktik usaha”, jelas Burhan.

Wakil Koordinator ICP Dewi Kusumowati,SE,Ak.Amd, menambahkan, penyelenggaraan kelas internasional terbilang sukses. Paling tidak mahasiswa baru yang masuk merupakan siswa berprestasi semasa duduk di bangku SMA. Untuk saat ini mahasiswa baru ICP berasal dari tiga daerah, masing-masing Jember, Manado, dan Kupang. “Kami diminati lulusan berprestasi, ini sebagai indicator untuk mengukur keberhasilan ICP kedepasnnya”, ucap Dewi.

Salah satu mahasiswa ICP yakni Erwinny Amalia, lulusan SMAN 1 Jember. Winny masuk dalam peringkat 10 besar lulusan terbaik tingkat kabupaten dengan NUN 55,90. Atas prestasinya tersebut Winny juga berkersempatan mengikuti program studi edukasi ke China selama seminggu, mulai 19 hingga 25 November mendatang. Program tersebut diprakarsai Disdik Kabupaten Jember sebagai wujud hadiah bagi para lulusan terbaik SMP dan SMA.

“Dia (Winny) akan belajar ke China bersama 25 peserta lainnya. Nanti akan didampingi  Bupati Jember dan kepala Disdik Jember, semua sudah kami siapkan”, ungkapnya.

Sementara itu, Winny merngaku,  bangga memilih kuliah di ICP FE Unmer Malang. Apalagi ia merupakan mahasiswa angkatan pertama program ICP yang langsung berkesempatan belajar ke China. “Saya beruntung masuk ICP. Ini adalah langkah terbaik untuk saya karena dapat mengembangkan penguasaan bahasa”, kata mahasiswa menguasai tiga bahasa, Korea, China dan Inggris tersebut. (yan/hap)

Catatan : -
v  Harian Jawa Pos / Raadar Malang hal. 33 Rabu, 14 November 2012 (syf/chip)







Reaksi: