* FE Berbagi dan Peduli ~ Fakultas Ekonomi dan Bisnis
wajah baru web Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang .. kunjungi www.feb-unmer.com ...

counter

Selasa, 07 Januari 2014

FE Berbagi dan Peduli



Suasana Fakultas Ekonomi Berbagi dan Peduli -1
Kata Mutiara : Kepuasan membuat orang miskin jadi kaya, ketidakpuasan membuat orang-orang kaya jadi miskin



FE Berbagi dan Peduli 
Bangsa yang maju dan mampu bersaing adalah bangsa yang unggul dalam bidang SDM nya. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki SDM berkualitas. SDM berkualitas hanya dapat diciptakan melalu pendidikan, sehingga pendidikan merupakan “soko guru” pembangunan bangsa. Dengan demikian pembangunan sumber daya manusia Indonesia merupakan tangung jawab bersama yakni pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat khususnya dunia pendidikan.

Dalam meningkatkan kualitas pendidikan sumber daya manusia terutama para kepala sekolah / guru / siswa SMA berbagai cara dapat dilakukan melalui seminar, workshop dan pelatihan dalam rangka upgrading pengetahuan dan kemampuan para kepala sekolah / guru / siswa SMA. Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan tentunya dapat membantu serta meningkatkan kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di lingkungan kepala sekolah / guru / siswa SMA. Hal ini merupakan tindakan nyata yang dapat dilakukan untuk membantu para kepala sekolah / guru / siswa SMA meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya. Disamping itu bagi perguruan tinggi kegiatan ini juga langkah strategis untuk dapat mengkomunikasikan berbagai program studi di lingkungan perguruan tinggi.


Tujuan Program
Adapun Tujuan Program Berbagi Dan Peduli Kemajuan Pendidikan Anak Bangsa, sebagai berikut :
  • ·       Meningkatkan kepedulian sosial perguruan tinggi dalam rangka transformasi pengetahuan dan keilmuan bagi para kepala sekolah / guru / siswa SMA.
  • ·         Mengkomunikasikan tentang pentingya peningkatan kemampuan soft skill para kepala sekolah / guru / siswa SMA.
  • ·       Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para kepala sekolah / guru / siswa SMA terutama bidang kewirausahaan, kepemimpinan dan keterampilan kecakapan hidup lainnya.
  • ·     Melaksanakan seminar, workshop dan pelatihan berbagi bidang kewirausahaan, kepemimpinan dan keterampilan kecakapan hidup lainnya.



Suasana Fakultas Ekonomi Berbagi dan Peduli -2     
Kata Mutiara : Orang-orang hebat adalah mereka yang selalu bersedia menjadi orang-orang kecil.

Program Kerjasama
Program Berbagi dan Peduli Kemajuan Pendidikan Anak Bangsa yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Malang sejak Tahun 2009 bekerjasama dengan SMA (sederajat) baik Negeri maupun Swasta se Jawa Timur (Kota dan Kabupaten Malang, Kota Problinggo, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Bojonegoro).

Konsep  Program
Program Berbagi dan Peduli Kemajuan Pendidikan Anak Bangsa sebagai suatu tindakan kreatif dalam memanfaatkan kesempatan untuk mengawali dan menjalankan suatu kegiatan peningkatan  penngetahuan dan kemampuan pada kepala sekolah / guru / siswa SMA melalui seminar, workshop dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan soft skill  dan keterampilan kecakapan hidup . Program ini merupakan kombinasi berbagai aktivitas penting dalam rangka meningkatkan kemampuan soft skill  dan pengelolaan sekolah. dan keterampilan kecakapan hidup. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, diperlukan dukungan berbagai pihak antara lain : pemerintah daerah, pengelola SMA dan perguruan tinggi sebagai institusi yang melakukan inisiasi dan fasilitasi terwujudnya pengembangan program di masing-masing sekolah. Pencapaian keberhasilan suatu pengembangan program  juga sangat bergantung pada berbagai program intervensi yang dilakukannya. Disamping itu dibutuhkan suatu komitmen dan kemampuan yang baik dalam rangka melakukan berbagai kegiatan intervensi dan mengawalnya hingga tujuan pengembangan program dapat dicapai.
1.
Inovasi Pembelajaran Ekonomi
“ Melek Ekonomi Melalui Pembelajaran Inovatif”
120 Menit
Workshop
2.
Leadership
“ Kiat Sukses Menjadi Pemimpin Masa Depan”
120 Menit
Seminar
3.
Performance dan AMT
“ Membangun Pribadi Yang Ideal”
120 Menit
Seminar
4.
Kewirausahaan
“ Sukses dan Kaya Di Usia Muda “
120 Menit
Seminar
5.
Blogger
“ Gaul dan Smart Lewat Blogger “
120 Menit
Workshop
6.
Flash
“ Interaktif Dalam Tampilan Presentasi Dengan Flash “
120 Menit
Workshop
7.
Pelatihan Even Organizer
“ Seni Mengemas Acara Kreatif “
120 Menit
Workshop
8.
Kewirausahaan
“ Sukses dan Kaya Di Usia Muda “
120 Menit
Seminar
9.
Webmaster
“Mempublikasikan dengan web sendiri”
2 hari
Workshop



Metode Pelaksanaan Kegiatan
Proses pembelajaran untuk peningkatan kemampuan para kepala sekolah / guru / siswa SMA melalui transformasi pengetahuan dan ketrampilan, merupakan hakikat kegiatan program. Sebagai upaya pencapaian target program secara optimal, maka metode yang digunakan adalah metode yang secara maksimal mungin dapat memotivasi kepala sekolah / guru / siswa SMA agar terlibat aktif dalam kegiatan program. Dengan mendasarkan pada kondisi kepala sekolah / guru / siswa SMA, maka Prinsip dasar yang di terapkan dalam proses pelatihan ini adalah metode Pendidikan Orang Dewasa (POD) dengan pendekatan dalam pembelajaran mengunakan.

Sekertariatan
Team Berbagi dan Peduli
Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Malang
Jl. Terusan Raya Dieng 62-64 Malang (tlp/fax) 0341.561448



Suasana Fakultas Ekonomi Berbagi dan Peduli -3   
Kata Mutiara :Kamu dapat mendekatkan pandanganmu ke realitas, bukan ke kenangan

Penutup
Demikian proposal Program FE Unmer Malang Berbagi dan Peduli yang kami tawarkan ke semua SMU se Jatim, semoga dapat diterima dan bermanfaat untuk kemajuan anak bangsa.
Sekolah yang berminat :
Bagi sekolah yang berminat dapat menghubungi TIM FE Berbagi dan Peduli. Untuk sementara kami hanya melayani pelatihan gratis untuk guru dan siswa SMU sederajat di Wilayah Jawa Timur.

Kontak Personil
Irany : 081938199600
Eko Aristanto : 081217580044
Syarif : 082141415790
Umu Khouroh : 081334714635

email : feunmermalang@yahoo.com