* Siapkan SDM di Bidang Ekonomi Syariah ~ Fakultas Ekonomi dan Bisnis
wajah baru web Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unmer Malang .. kunjungi www.feb-unmer.com ...

counter

Jumat, 17 Januari 2014

Siapkan SDM di Bidang Ekonomi Syariah



MALANG - Pertumbuhan jumlah lembaga perbankan syariah di Indonesia cukup tinggi, sayangnya tidak diimbangi dengan kecukupan sumber daya manusia (SDM) nya. Karena itulah, Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Merdeka (Unmer) Malang menyiapkan program baru yaitu Ekonomi dan Bisnis Syariah. Untuk penguatannya kemarin digelar seminar sehari dengan tema “Prospek Bisnis dan Karir di Bank Syariah menyongsong masyarakat ASEAN 2015”.

Kepada Malang Post, Dekan FE Unmer Malang Dr M Burhan menuturkan pengenalan syariah ini akan dimulai pada tahun ajaran baru ini sejak mahasiswa duduk di semester awal. FE Unmer berharap bisa ikut menyiapkan SDM kompeten sesuai kebutuhan ekonomi syariah. ”Selama ini perbankan syariah masih memenuhi tenaga SDM nya dari lulusan umum, dan ini ke depan tentu akan berubah sesuai tuntutan dan perkembangan bisnis syariah,” ujarnya.

Ia membeberkan negara Eropa terutama Inggris selama ini cukup serius dalam pengembangan ekonomi syariah. Asia terutama Indonesia termasuk tertinggal dalam pengembangannya. Padahal masyarakat Indonesia mayoritas adalah muslim. Jika tidak segera dikejar ketertinggalan itu maka kedepan konsultan bisnis syariah yang masuk ke Indonesia akan lebih banyak didominasi orang luar. Apalagi jumlah lembaga syariah terus tumbuh yang harusnya diikuti dengan penyediaan SDM yang handal.

Di sisi lain, lanjutnya sistem ekonomi syariah diakui lebih tahan krisis dibandingkan konvensional. Hal ini dibuktikan ketika terjadi krisis pada 1998 dan 2008. Sistem ekonomi syariah juga sangat bagus karena dana yang diperoleh dari deposan dimanfaatkan untuk sektor riil bukan untuk perdagangan saham. ”Pertumbuhan ekonomi dunia saat ini sekitar 3-4 persen sementara sektor syariah bisa mencapai 20 persen,” urainya.

Mengingat pentingnya ekonomi syariah inilah, FE Unmer mulai serius menggarapnya. Sejumlah kerjasama juga sudah dijalin dalam rangka pengembangan program tersebut. Kerjasama dengan Bank Panin Syariah dilakukan baik dalam bidang akademik, praktik kerja hingga rekrutmen. Bank Panin Syariah merupakan salah satu bank syariah yang bagus kinerjanya dan merupakan Bank Syariah pertama di Indonesia yang akan melakukan Go Public (IPO). (oci/nda)


sumber : http://www.malang-post.com/edupolitan/80444-semangat-siapkan-sdm-di-bidang-ekonomi-syariah


PROGRAM STUDI MANAJEMEN KONSENTRASI EKONOMI DAN BISNIS SYARIAH
Sistem Ekonomi Islam (Syariah) 

KURIKULUM
Program studi manajemen konsentrasi ekonomi dan bisnis syariah dapat ditempuh dengan minimal 148 sks yang terdiri dari mata kuliah manajemen konvensional dan syariah.

Keunggulan Program Konsentrasi Ekonomi dan Bisnis Syariah selain memperoleh pengetahuan ekonomi dan manajemen konvensional, konsentrasi ekonomi dan bisnis syariah juga memberikan pengetahuan kepada para mahasiswa antara lain :

-          pengetahuan tentang praktik-praktik bisnis yang islami.
-          pengetahuan tentang Akad/transaksi dalam muamalah.
-          Pengetahuan tentang akad-akad yang sah dan model-model jual beli yang islami.

Kompetensi Lulusan :
Menghasilkan lulusan yang profesional di bidang manajemen dan pengetahuan bisnis yang islami.

Kesempatan kerja :
-          Bank Syariah
-          Instansi Pemerinah
-          Perusahaan swasta konvensional & syariah
-          Wirausaha yang islami.